Cari Blog Ini

Senin, 28 Januari 2013

IKATAN KOVALEN



Kalau sebelumnya nih, kita sudah belajar terkait ikatan Ion. Nah... sekarang ayo kita belajar terkait "Ikatan Kovalen"... Tetep semangat... Dan jangan lupa berdo'a dan tersenyumlah terlebih dahulu... :-)      

Jika atom Na dengan atom Cl dapat membentuk senyawa NaCl yang berikatan ionik, bagaimana atom Cl dengan atom Cl dapat membentuk molekul Cl2?
Konfigurasi elektron  17Cl : 1s2  2s2  2p6  3s2  3p5 menunjukkan adanya 7 elektron kulit valensi. Agar atom Cl mempunyai konfigurasi elektron seperti gas mulia harus menerima satu elektron. Hal ini dapat dicapai jika dua buah atom Cl saling memberikan  dan saling menerima satu elektron sehingga terjadi susunan elektron valensi seperti berikut :


 Ikatan pada molekul Cl2 tersebut terbentuk karena kedua atom Cl saling memberi dan saling menerima elektron sehingga terbentuk pasangan elektron yang dipakai bersama disebut ikatan kovalen.        

Contoh lain misalnya pada pembentukan molekul O2 :

Konfigurasi atom  8O :   1s2  2s2  2p4

Jika dua atom saling mendekat masing-atom akan memberikan 2 elektron sehingga terbentuk 2 pasang elektron bersama sebagai berikut :

Banyaknya ikatan pada molekul kovalen sesuai dengan jumlah pasangan elektron bersama disebut orde ikatan. Jadi orde ikatan molekul H2 = 1 dan orde ikatan molekul O2 = 2.
Contoh molekul kovalen yang lain  misalnya :  NH3, CH4, H2O, BCl3  dan    sebagainya.


Pada molekul kovalen karena setelah membentuk ikatan kovalen masimg-masing atom dikelilingi oleh 8 elektron (pada kulit valensi), maka teori ini juga dikenal dengan teori oktet.

Kelemahan teori oktet adalah : adanya molekul kovalen yang atom-atomnya tidak dikelilingi oleh 8 elektron sehingga menyimpang dari struktur oktet. Misalnya pada molekul : BeCl2, BCl3, PCl5 dan sebagainya.
Struktur Lewis molekul BeCl2  dan BCl3 dapat digambarkan sebagai berikut :
 
Pada struktur Lewis tersebut atom Be  hanya  dikelilingi oleh 4 elektron dan atom B hanya dikelilingi oleh 6 elektron.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar